Jumat, 10 Februari 2017

Makalah Kebersihan Lingkungan Sekolah


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya , sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul ’’ Kebersihan Lingkungan Sekolah” tepat pada waktunya.
Karya ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kami menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya karya ilmiah ini. Selanjutnya terimakasih saya sampaikan kepada yang terhormat guru Bahasa Indonesia kami Ibu Wahyuni yang telah membimbing sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Semoga dengan adanya karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat menyadarkan para siswa atau siswi SMPN 1 Sedayu untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Jogjakarta, 30 Januari 2017
Daftar Isi
 BAB 1 Pendahuluan……………………………………………………………………………...
A.    Latar Belakang Masalah……………………………………………………………………
B.     Tujuan Pembahasan………………………………………………………………………..
C.    Perumusan Masalah………………………………………………………………………...
D.    Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………
E.     Manfaat Penulisan………………………………………………………………………......

BAB 2 Pembahasan……………………………………………………………………………….
A.    Pengertian Kebersihan……………………………………………………………………...
B.     Lingkungan Sekolah………………………………………………………………………...
C.    Dampak Jika Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah………………………...
D.    Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah…………………………………..
E.     Cara Meningkatkan Kesadaran Siswa-Siswi dalam Menjaga Kebersihan    Lingkungan Sekolah………………………………………………………………………...

BAB 3 Penutup…………………………………………………………………………………….
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………………..
B.     Penutup………………………………………………………………………………………

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya.
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran termasuk diantaranya debu sampah dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya. Namun kebersihan sering kali dianggap ringan oleh para siswa-siswi, kesadaran yang minim pun menjadi sebab masih adanya kotoran di lingkungan sekolah. dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.
 Kebersihan sekolah dilakukan dengan cara melap jendela, menyapu dan mengepel lantai, membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan sekolah dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan kelas dari sampah.
Sebenarnya kegiatan belajar mengajar juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang bersih dari kotoran dan konsentrasi otak tidak akan mudah terpecah jika lingkungan sekolah bersih khususnya di ruang kelas yang sedang ditempati. Banyaknya sampah yang berserakan disetiap ruang kelas menjadi dampak permasalahan kebersihan yang paling sering terjadi di lingkungan sekolah. Padahal keindahan dan kenyamanan lingkungan sekolah menjadi titik acu untuk semangatnya siswa-siswi dalam mencapai prestasi yang baik.
Saat ini seluruh warga sekolah mempunyai peranannya masing-masing untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan nyaman. Di SMP Negeri 1 Sedayu ini banyak terdapat slogan yang berisikan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, itulah slogan yang sering kita dengar selama ini maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan dimana saja kita berada. Kebesihan juga penting bagi kesehatan kita, karena di dalam tubuh yang  sehat terdapat jiwa yang kuat.
 Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Siswa masih membuang sampah sembarangan, selain ini siswa juga merobek-robek kertas dalam kelas dan bila memakan jajan di tempat A bungkusnya dibuangnya juga di tempat A, padahal di tempat-tempat tersebut telah disediakan tempat sampah. Sebenarnya setiap upacara hari senin sudah diingatkan kembali oleh Pembina upacara agar siswa-siswi dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan ruang kelas ,selain itu setiap perwakilan kelas sebenarnya sudah berkomitmen dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah yang disaksikan oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Sedayu, Wakil Kepala Sekolah, seluruh Guru dan Siswa-siswi SMPN 1 Sedayu, akan tetapi komitnen yang dilakukan masing-masing ketua kelas hanya menyadarkan sebagian kecil siswa-siswi di SMPN 1 Sedayu. Tentu kita tidak mau sekolah kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi
juga dapat mencemari lingkungan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga dapat menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman.

B. Tujuan Pembahasan
Pada topik kali ini, kami ingin membangun peran penting dalam menciptakan lingkungan sehat. Karena, bila lingkungan sehat maka semua mahkluk hidup yang ada disekeliling kita akan dapat bernafas dengan baik. Terutama kita sebagai siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Karena bila ruangan kelas bersih, pastilah udara akan sejuk. Dan oleh karena itu otak dapat menjalankan fungsi dan kegunaannya dengan sempurna. Otak dapat bekerja dengan cepat. Jika lingkungan sehat dan bersih, otak dapat bekerja melebihi dari benda cepat apapun yang pernah ada. Karena otak memiliki berjuta – juta rangsangan yang
meliputi dan melindungi otak agar otak dapat bekerja dengan maksimal.
Setidaknya, dengan menjaga kebersihan, kita juga telah melestarikan dan menjaga maupun menghargai bakat kita dalam Iptek. Karena orang sukses pasti berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga ia dapat berfokus pada pembelajaran yang ia terima.
C. Perumusan Masalah 
Seringkali kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama di sekoloah, yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita.

Tentu kita tidak mau sekolah kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan, baik di
dalam kelas maupun di luar kelas dan juga dapat menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman.
Demi tercapainya lingkungan yang ASRI perlu diadakan tindakan-tindakan yang bersifat mencegah dan mengatasi masalah yang ada.


D. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah :
1.untuk membangkitkan kesadaran para siswa/siswi untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
2. untuk memberikan pengarahan bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting bagi proses belajar mengajar.
3. untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kebersihan dilingkungan sekolah.
4. untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan SMPN 1
Sedayu
5. untuk mengetahui peran serta siswa dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
6. untuk mengetahui pengaruh kondisi kebersihan lingkungan sekolah terhadap siswa/i SMPN 1 Sedayu
untuk menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan akibat yang ditimbulkan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

E. Manfaat Penulisan 
1.      Penelitian ini dapat membuka wawasan penulis tentang kondisi kebersihan lingkungan sekolah SMPN 1 Sedayu dan pengaruhnya bagi siswa serta membuka wawasan pembaca tentang lingkungkungan yang baik untuk meningkatkan prestasi belajarsiswa.
2.       Menambah pengetahuan bagi peneliti dan pembaca serta memperkenalkan manfaat kebersihan lingkungan.
3.       Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan bagi kalangan pelajar khususnya kalangan siswa mengenai latar belakang kebersihan sekolah.
4.       Sebagai bahan referensi bagi para peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti dalam penelitian penulis lebih lanjut.
5.       Sebagai penambah pengetahuan dan keterampilan peneliti dalam pembuatan karya tulis ilmiah berupa Skripsi.














BAB II

PEMBAHASAN

A.     Pengertian Kebersihan
Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal penting yang harus dijaga oleh siswa – siswi dan masyarakat di lingkungan sekolah.  Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, debu, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan segala aspek  yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku siswa-siswi di lingkungan tersebut. Kebersihan pun merupakan hal yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu kita sebagai warga sekolah harus menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman.
B.     Lingkungan Sekolah
Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Beberapa kali bapak ibu guru menasehati kepada murid-murid agar membuang sampah pada tempatnya, akan tetapi apa kenyataannya? murid-murid tidak mematuhinya.
Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah berserakan dimana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupun diluar kelas selain itu juga dapat menjadikan suasana belajar kita tidak nyaman.
Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman untuk belajar kita, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kita untuk menjaga kebersihan dan bersifat mengatasi masalah di atas. Tindakan-tindakan tersebut antara lain:
1.Siswa diharapkan mempunyai kesadaran dari hati nuraninya sendiri untuk menjaga kebersihan.
2. Petugas piket harus membersihkan kelas serta lingkungan sekitar.
3. Guru wajib menegur siswa yang membuang sampah sembarangan.

C.     Dampak Jika Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Masih banyak siswa SMPN 1 Sedayu yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Banyak siswa-siswi yang masih membuang sampah sembarangan walaupun  sudah disediakan tong sampah. Kebanyakan mereka   berfikir, jika membuang sampah sembarangan di sekolah tidak menimbulkan dampak yang begitu besar. Padahal banyak dampak yang dapat ditimbulkan jika suatu lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Adapun dampak negatifnya antara lain :
  • Menimbulkan genangan air. Hal ini bisa saja terjadi di sekolah kita jika murid selalu membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertumpuk di selokan dapat menyumbat jalannya air di selokan tersebut sehingga, saat hujan tiba, mungkin saja mengakibatkan genangan air yang dapat mengganggu kenyamanan kita
  • Debu lantai yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan murid batuk hingga sesak nafas. Laci meja yang penuh dengan sampah pun dapat dijadikan nyamuk sebagai tempat bersarangnnya. Apalagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk
  • Aedes Aegypty yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit demam berdarah
  • Sampah yang bertumpuk dapat menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengganggu konsentrasi para murid hingga guru dalam proses belajar-mengajar.

D.    Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah tempat belajar, berlatih, dan menuntut ilmu pengetahuan sebagai bekal hidup kita di kemudian hari. Kita akan dapat belajar dengan tenang, baik dan bersemangat seandainya keadaan sekolah tersebut tertib dan bersih. Untuk menciptakan suasana demikian, tidak cukup dikerjakan oleh penjaga sekolah saja, tetapi harus dibantu oleh semua pihak yang berada di lingkungan itu, termasuk siswa-siswanya. Di kelas biasanya terpampang daftar piket, salah satu tugas mereka adalah membersihkan kelas, papan tulis serta menyapu halaman. Dengan demikian, para siswa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan tugas itu dengan baik dan rutin serta penuh tanggung jawab karena pekerjaan itu sebagian dari iman dan termasuk ibadah.
E.     Cara Meningkatkan Kesadaran Siswa-Siswi dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Didalam lingkungan sekolah, guru menjadi panutan semua murid. Jika  guru berbuat baik, maka murid pun akan berbuat baik juga.
 Tetapi jika guru  berbuat   tidak baik/jelek, maka mungkin bisa jadi murid pun bisa berbuat lebih jelek. Dalam upaya menyadarkan siswa akan kebersihan lingkungan   sekolah, para guru harus memberikan contoh yang baik, seperti dengan membuang sampah pada tempatnya dan memungut sampah yang   tergeletak. Guru juga dapat menegur siswa yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Selain itu, guru dapat memberi denda kepada pelaku sehingga mereka jera untuk mengulangi perbuatan mereka di kemudian hari. Kesadaran murid dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah  berasal dari hati nuraninya masing-masing. Untuk menimbulkan kesadaran itu, dapat ditempuh dengan cara-cara berikut:
·                     Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
·                     Menanamkan sikap merasa malu jika membuang sampah sembarangan.
·                     Melakukan piket kelas secara teratur dan bertanggungjawab.
·                     Pemberian sanksi bagi siapa saja yang mencemari lingkungan
·                     Melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah secara rutin.
·                     Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Untuk menumbuhkan sikap kepedulian siswa juga dapat dilakukan dengan langkah – langkah seperti ini. Hal yangpertama yang harus kita lakukan agar sikap kepedulian terhadap lingkungan sekolah dapat tumbuh ialah memiliki sifat  merasa memiliki sekolah kita. Sehingga akan timbul rasa mencintai sekolah. Sehingga,  kita akan merasa tidak pantas jika sekolah yang kita cintai ini terlihat kotor dan membuat diri sendiri tidak nyaman.
Yang kedua yaitu menjaga sikap, maksudnya kita harus selalu memperhatikan sikap kita selama disekolah. Kita harus menjaga sikap kita agar lingkungan disekitar kita tetap bersih bahkan lebih bersih salah satunya adalah dengan cara membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan. Karena dapat mengakibatkan berkurangnya kenyamanan dan keindahan sekolah saat terdapat banyak sampah berserakan. Alangkah baiknya bila kita melakukan aktifitas kita yang bertujuan untuk bagaimana caranya sekolah itu bisa bersih kembali bahkan bertambah bersih. Hal itu dapat dimulai dengan cara membersihkannya, seperti menyapu semua halaman sekolah, intinya membersihkan semua yang ada di sekolah ini.
Dengan melakukan hal-hal diatas, diharapkan nantinya dapat menumbuhkan rasa sadar, rasa memiliki dan kepedulian para siswa SMPN 1 Sedayu dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
















BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga bersama-sama agar terbentuknya suasana aman dan nyaman dalam proses belajar mengajar. Para guru dapat memberikan contoh kepada siswa-siswinya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan juga sesekalimemberi pengarahan dan teguran pada siswa yang terlihat ataupun sering membuang sampah sembarangan.
B.      Saran
Agar terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat maka diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, contohnya sebagai berikut: 
1. Guru selalu memberi contoh bila membuang sampah selalu di tempatnya.
2. Guru wajib menegur dan menasehati siswa yang membuang sampah sembarangan terutama pada saat siswa-siswi makan dan minum dalam kelas, bungkusnya ditaruh dalam glodok bangku.
3. Mencatat siswa-siswi yang membuang sampah sembarangan pada buku saku/ buku pelanggaran.
4.  Menjaga kebersihan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya
5.  Selalu bergotong royong
6.Menjalankan piket kelas dengan rasa tanggung jawab
7. Mematuhi tata tertib sekolah 
8. Setiap ruang kelas diberikan alat bersih-bersih seperti sapu dan tempat  sampah


















Daftar Pustaka















1 komentar:

  1. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus